<

Kodim Pamekasan Bersih-Bersih Sampah di Pasar

PAMEKASAN, IndonesiaPos

Dalam rangka mencegah penyebaran Demam Berdarah Dengue (DBD) dan potensi terjadinya banjir, Kodim 0826 Pamekasan melakukan karya bhakti pembersihan, di lokasi Pasar 17 Agustus Jalan Pintu Gerbang No 115, Kelurahan Bugih. Jumat (08/12/2023) pagi.

Kegiatan karya bhakti ini melibatkan unsur Polri, BPBD, PUPR, DLH, Pemerintah Kecamatan Kota dan partisipasi sejumlah masyarakat setempat.

Dandim 0826 Pamekasan Letkol Inf Ubaydillah mengatakan, tujuan dari kegiatan karya bhakti di Pasar 17 Agustus ini untuk menjaga kebersihan tata kota dan pasar, sehingga mengurangi potensi berkembang biaknya nyamuk Aedes aegypti.

“Nyamuk itu dapat menjadi penyebab penyakit DBD, dan tumpukan sampah juga berpotensi banjir di kala musim penghujan,”ungkap Dandim Pamekasan.

Ubaydillah menyatakan, pembersihan sampah yang bersinergi dengan lintas sektoral ini penting dilakukan, sehingga dalam memberikan dampak terhadap upaya pencegahan.

“Oleh karena itu, dalam kegiatan ini kami melibatkan seluruh elemen masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan sebagai langkah preventif menghadapi bahaya DBD,”ujarnya.

Menurutnya, untuk kegiatan ini bukan hanya sebagai respons terhadap potensi penyebaran penyakit, tetapi juga sebagai bentuk tanggung jawab bersama dalam menciptakan lingkungan yang sehat.

“Sebelum membersihkan pasar, kami membersihkan saluran aliran sungai, selokan, menanam pohon untuk mencegah banjir dan penyakit demam berdarah,”sebutnya.

Selain itu, pihaknya juga memberikan edukasi kepada pedagang dan pengunjung pasar tentang pentingnya menjaga kebersihan agar terhindar dari penyakit.

Semangat gotong royong terlihat jelas dalam upaya bersama ini untuk menciptakan lingkungan yang aman dari risiko penularan DBD. Diharapkan  lingkungan bersih dan sehat, sehingga menjadi benteng pertahanan melawan wabah DBD.

“Ini menjadi landasan utama dalam menjaga kesehatan masyarakat dan menciptakan lingkungan yang sehat juga,”imbuhnya.(ima/heny)

Cegah HIV, Dinkes Surabaya Sediakan 122 Layanan

BERITA TERKINI