<
20/09/2021
Daerah & Peristiwa Beranda Budaya & Wisata Sosial Ekonomi & Kesehatan

Dirjen Pembangunan Desa Tinjau Lokasi Pembangunan Obyek Wisata di Karangsono

BLITAR IndonesiaPos

Desa Karangsono kecamatan Kanigoro kabupaten Blitar menerima kunjungan dari Kementerian Desa untuk melakukan identifikasi lokasi yang akan mendapat program bantuan pengembangan objek wisata tahun 2021.

Direktorat Jenderal Pembangunan Desa dan Pedesaan Ainun, mengatakan, pihaknya ditugaskan untuk mengidentifikasi lokasi yang akan mendapatkan program bantuan pengembangan objek wisata tahun 2021.

“Pak Menteri Desa sendiri memberikan amanah kepada saya terkait Wisata budaya itu benar-benar harus dilestarikan atau menjadi kearifan lokal sesuai dengan SDGs Desa nomor 18 tentang kearifan lokal yang ciri khasnya desa,”katanya kepada IndonesiaPos.

Di desa Karangsono ini, kata Ainun,  memiliki potensi budaya dari karawitan, jaranan kuda lumping itu benar-benar bagus tapi balai keseniannya belum ada. Padahal itu merupakan daya tarik dari pariwisatawan yang tinggi dan harus dilestarikan.

“Maka dari itu kita diberikan amanah oleh pak Menteri untuk melihat lokasinya yang nantinya akan dibangun balai kesenian dan mendapatkan dana bantuan dari kami yang sudah diprogramkan,”terangnya. Kamis (24/06/2021) dikantor desa Karangsono.

Iklan-spot

Ainun berharap, dukungan dari seluruh yang mendapatkan bantuan di desa Karangsono. Karena dokumennya sudah lengkap, dan bisa koordinasi dengan dinas Kabupaten dan Kepala Daerah maupun kepada Kementerian Desa.

“Jadi, kedepannya nanti dokumennya lengkap dan balai kesenian bisa dibangun sesuai dengan apa yang dicita-citakan oleh desa Karangsono sendiri agar potensinya bisa naik, karena ini kan dekat kota jadi bisa punya nilai jual yang tinggi. Kami berpesan pada kepala desa Karangsono agar tetap semangat dan terus melestarikan budaya dengan warganya,”tegasnya.

Ditempat yang sama kepala desa Karangsono Tugas Nanggolo Yudo Dili Prasetiono mengaku bersyukur karena mendapat kunjungan dari Kementerian, sehingga tak lama lagi akan menerima pembangunan balai kesenian.

“Alhamdulillah kunjungan dari Ibu Ainun dari kementerian desa, Ibu Novi dari Dirjen kementerian desa. Tadi kami sudah mengusulkan program ke pak Menteri desa,  sudah direspon dengan positif oleh beliau,”kata Kades.

Dijelaskan, pihak sudah memaparkan program kepada Kementerian Desa, dan pihaknya sudah menunjukkan  alokasi wisata yang akan dibangun.

“Keberadaan potensi wisata desa Karangsono disambut bagus dan baik oleh beliau. Insyaallah apapun nanti yang sudah kita usulkan diprioritaskan, kita diplot tahun ini,”ucap Tugas.(Lina)

Berita Terkait

Kolom Komentar

IndonesiaPos