<
10/08/2022
Beranda Pendidikan

Jelang HUT RI ke-77, Rumah DE GIRI, Gandeng Untag Banyuwangi Press Gelar Bedah Buku Literasi Ekonomi

BANYUWANGI, IndonesiaPos – Mengawali rangkaian kegiatan Peringatan HUT RI ke-77, Rumah DE GIRI (Rumah DEmokrasi, Gagasan, dan InspiRasI) berkolaborasi dengan Untag Banyuwangi menggelar bedah buku berjudul “Literasi Ekonomi”, Senin (01/08/2022).

Turut hadir Founder Rumah De Giri Sonny T. Danaparamita, Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Daerah Pemilihan Jawa Timur III, ada pula Zaenuddin Imam, Dekan Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Untag Banyuwangi, Jajaran Dekanat Fakultas Ekonomi Untag, Kepala Untag B-Press serta puluhan Mahasiswa Prodi Akuntansi FE Untag Banyuwangi, dan Mahasiswa UKM Literasi Untag.

Sonny T. Danaparamita mengapresiasi gerakan Literasi Mahasiswa Untag Banyuwangi, karena berhasil meluncurkan buku berjudul Literasi Ekonomi, yang disusun oleh B-Press dan Literasi Untag Banyuwangi.

Menurutnya, kaum milenial yang sedang menempuh pendidikan sebagai Mahasiswa Untag Banyuwangi dan seluruh Akademisi Untag, yang mampu mengolah dan menuangkan kajian ilmiahnya menjadi langkah-langkah amaliah ditengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Karena sebagai insan akademik, Dosen dan Mahasiswa juga memiliki tugas Pengabdian Masyarakat. Sehingga Mahasiswa tidak hanya mengenal studi secara teori semata, namun juga terjun langsung ditengah masyarakat,” terang Sonny.

Wakil Ketua DPP Persatuan Alumni GMNI menegaskan, kehadiran Universitas/Perguruan Tinggi di tanah air, tidak hanya sebagai Menara Gading, namun menjadi Menara Air yang penyejuk di masyarakat. Sehingga menjadi garda terdepan dalam upaya Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

“Oleh karena itu, partisipasi dan dukungan generasi bangsa dapat terwujud sesuai tema HUT RI ke-77 tahun 2022, “Indonesia Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat,”imbuhnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Ekonomi Untag Banyuwangi Zaenuddin Imam, yang juga Penulis Buku Literasi Ekonomi ini menyatakan terima kasih atas support yang diberikan Sonny T. Danaparamita dan Rumah DE GIRI, sehingga memberi ruang untuk Mahasiswa Untag Banyuwangi dalam peluncuran buku terbarunya.

“Saya kira kehadiran Rumah DE GIRI dan  Bapak Sonny T. Danaparamita sebagai penyokong utama, juga founder Rumah Aspirasi DE GIRI ini akan memberikan motivasi kuat untuk anak-anak muda, dan idak hanya di kampus, tetapi juga di luar kampus,”kata Zaenuddin.

Dijelaskan, anak muda yang menulis, yang berliterasi, perlu diberi ruang dan amunisi. Sebab saat ini jumlah anak muda yang suka menulis masih kurang. Karena kurang motivasi dari lingkungan. “Bahkan, terkadang juga kurang mendukung,”imbuhnya.

Kepala Untag Banyuwangi Press Muttafaqur Rohmah juga mengakui kontribusi dan dedikasi Sonny T. Danaparamita kepada anak muda.  selain itu Sonny juga pribadi yang amat mencintai dunia literasi.

“Kehadiran Pak Sonny akan sangat mempengaruhi pola pikir anak-anak muda ini untuk terus berliterasi dan menelaah teks-teks literasi, khususnya teks-teks literasi ekonomi. Kami berharap Pak Sonny berkenan menemani kami di B-Press untuk menggelorakan literasi di Banyuwangi khususnya,” jelas Muttafaqur Rohmah.

Kehadiran Sonny sendiri sebagai Wakil Rakyat, dirasa dekat dengan anak-anak muda dan berbagai elemen masyarakat. Berbagai kegiatan telah digelar oleh Sonny & Rumah DE GIRI. Diantaranya Kegiatan Harmony Musik bersama Wandra & Para Musisi Banyuwangi. Turnamen Sepak bola Anak Usia Dini yang digelar dalam rangka Memperingati Bulan Bung Karno, dan berbagai kegiatan lainnya.

“Saya pribadi juga B-Press dan UKM Literasi Untag Banyuwangi, dalam hal ini dunia literasi di kampus perlu masukan-masukan positif dari Pak Sonny. Bagaimana nantinya bisa berkembang dan mengembangkan literasi di kampus melalui B-Press, meski terbatas,”ungkapnya.

iklan ucapan

BERITA POPULER

Kolom Komentar

IndonesiaPos
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com