<
10/08/2022
Daerah & Peristiwa Beranda

Pasca Banjir Jember, Khofifah Minta Perbaikan Tangkis dan Infrastruktur Jalan

JEMBER, IndonesiaPos

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa didampingi Bupati Jember Hendy Siswanto bersama jajaran Forkopimda Pemerintah Kabupaten Jember meninjau langsung lokasi terdampak banjir bandang di kawasan Perumahan Bumi Mangli Permai, Kelurahan Mangli, Kecamatan Kaliwates, Jember, Senin (10/1/2022).

Dalam kunjungan itu, Gubernur Khofifah meminta agar upaya penanganan pasca bencana dapat dilakukan secara cepat dan tepat untuk menanggulangi dampak kerusakan akibat banjir bandang luapan aliran sungai pada Minggu (9/1) sore.

“Dinas PU SDA Provinsi Jatim telah menyiapkan bronjong dan hari ini juga dalam perjalanan ke sini, selain itu kita harapkan agar perbaikan jalan di kawasan ini bisa dipercepat prosesnya karena sangat dibutuhkan masyarakat untuk kegiatan-kegiatan sehari-hari dan juga untuk menunjang perekonomian,” ujarnya seusai meninjau rumah warga terdampak banjir di lokasi perumahaan BMP Jember, Senin (10/1/2022).

Khofifah menjelaskan percepataan  penanganan bencana banjir bandang di Kabupaten Jember dilakukan oleh Pemerintah Provinsi bersama Pemerintah Daerah. Pihaknya juga turut mengapresiasi kesigapan para personil TNI/Polri, BPBD, Relawan serta seluruh pihak dalam membantu penanganan pasca bencana terhadap warga terdampak.

“Saya melihat upaya penanganan pasca bencana disini cukup cepat, saya mengapresiasi keterlibataan seluruh pihak  secara bergotong royong membantu warga terdampak banjir disini,” paparnya.

Gubernur Khofifah juga menghimbau kepada masyarakat agar selalu waspada dengan fenomena La Nina yang menyebabkan meningkatnya curah hujan seperti yang terjadi saat ini.

“Fenomena La Nina dari perkiraan BMKG masih bisa berlangsung sampai bulan maret mendatang, maka langkah antisipasi berbagai potensi bencana harus lebih ditingkatkan, jangan membuang sampah yang dapat menyumbat saluran air, sendimentasi aliran sungai  segera dilakukan pengerukan dalam hal ini dari pemprov jatim juga telah menurunkan alat berat seperti yang direkomendasi oleh Bapak Bupati,” jelasnya.

Sementara Bupati Jember Hendy Siswanto mengatakan dampak banjir bandang di Kabupaten Jember telah mengakibatkan sebanyak 214 rumah warga di kawasan Perumahaan BMP yang terdampak.

“Untuk perbaikan sarana prasarana yang mengalami kerusakan akan segera kita lakukan perbaikan secepatnya agar aktivitas masyarakat disini dapat kembali berjalan normal, termasuk dalam upaya melakukan pengerukan pengerukan aliran sungai yang mengalami pendangkalan juga segera kita kerjakan bersama dengan Pemprov Jatim,” Kata Bupati Hendy.

Selain berkeliling langsung meninjau rumah-rumah warga terdampak banjir bandang di Kabupaten Jember. Dalam kunjungannya Gubernur Khofifah juga Menyerahkan santunan kepada tiga orang ahli waris korban meninggal dunia akibat banjir bandang yang menerjang Kabupaten Jember.(rri/jbr)

iklan ucapan

BERITA POPULER

Kolom Komentar

IndonesiaPos
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com