<
02/12/2021
Beranda Nasional

Pasca Kerusuhan di Jayapura, Pasukan Brimob di Siagakan

Penambahan Personil Brimob Kalbar ke Papua (foto antara)

JAKARTA, IndonesiaPos.co.di

Pasca kerusuhan aksi unjuk rasa anarkis pada Kamis, 29 Agustus 2019 lalu, Markas Besar Kepolisian Negara Republik Indonesia (Mabes Polri) langsung melakukan sejumlah pergeseran pasukan Bantuan Kendali Operasi (BKO) dari beberapa daerah ke Jayapoura, Papua sejak Sabtu, 31 Agustus 2019 kemarin.

Saat ini, sejumlah personel Brimob dari Polda Papua dan BKO wilayah lainnya mulai melakukan penjagaan sekaligus penyekatan di wilayah-wilayah yang ditengarai masih rawan terjadinya aksi-aksi anarkis susulan. Personel Brimob mulai nampak menjaga ketat sejumlah tempat di Pusat Kota Jayapura, Papua, seperti perumahan warga, pertokoan, pusat perbelanjaan, SPBU, dan sekolah, Minggu (1/9/2019).

Baca juga : isak-tangis-warnai-pelapasan-300-personel-brimob-polda-riau-ke-papua

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Abepura juga tak luput dari penjagaan ketat aparat kepolisian. Kondisi Lapas yang juga sempat mengalami kebakaran hebat ketika aksi unjuk rasa anarkis pada Kamis, 29 Agustus 2019 yang lalu itu saat ini sudah kondusif dalam penjagaan.

Baca juga : mabes-polri-tetapkan-30-tsk-pelaku-kerusuhan-saat-demo-di-papua

Kepala Lapas Abepura Kornelles Rumboirusi memimpin langsung pengamanan Lapas Abepura di Kota Jayapura, Papua, Minggu (1/9/2019).  Sejak halaman Lapas hingga ruangan dalam ditempatkan petugas keamanan untuk memastikan pengamanan serta mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca juga : panglima-tni-dengan-kapolri-bertemu-masyarakat-biak-di-papua

Untuk BKO Brimob Polri itu sendiri, diketahui datang dari Polda Riau dengan kode Operasi Aman Nusa I BKO Polda Papua, yang diberangkatkan dari Bandara Sultan Syarief Kasim II Pekanbaru, Riau, Sabtu (31/8/2019) malam.

Baca juga : pasukan-tni-perketat-keamanan-di-sejumlah-obyek-vital-kota-jayapura

Polda Riau mengirimkan sebanyak tiga Satuan Setingkat Kompi (SSK) personel Satuan Brimob untuk membantu pengamanan wilayah di Papua. Pada hari dan waktu yang sama, Polda Kalimantan Barat (Kalbar) kembali memberangkatkan 180 personel Brimob ke Papua untuk melakukan pengamanan pasca aksi unjuk rasa yang berujung kerusuhan di Kota Jayapura.

Pelepasan para personel Brimob BKO dari Polda Kalbar ke Papua itu dilakukan Kapolda Kalimantan Barat Irjen Pol Didi Haryono, didampingi Wakapolda Brigjen Pol Imam Sugianto di Bandara Supadio, Kabupaten Kubu Raya, Kalbar, Sabtu (31/8/2019) malam. (Rri)

iklan ucapan

Berita Terkait

Kolom Komentar

IndonesiaPos