<
Advertorial Budaya & Wisata Daerah Sosial Ekonomi & Kesehatan

Pemuda Bondowoso Ciptakan Promosi Wisata Lewat Kompetsi Ijen Geopark Culture Aquscape

BONDOWOSO, IndonesiaPos

Sekelompok pemuda kreatif di Bondowoso Jawa Timur perkenalkan wisata lokal Melalui kompetisi Ijen Geopark Culture Aquscape (IGCA), di Balai Latihan Kerja (BLK), jalan Situbondo.

Keindahan alam itu disajikan dalam Aquscape, sebagai bagian dari dari promosi wisata  menuju Ijen Geopark tahun 2021. Sabtu, (26/6/2021) kemarin.

Ketua Panitia penyelenggara Chinta Adelita Diva mengatakan, sedikitnya ada 50 peserta dari berbagai wilayah di Jawa Timur ikut kompetisi ini. Mereka berloma dengan menghiar aquarium dengan kreatifitas dan keahklian masing-masing.

“Memang tak ada kewajiban untuk kemudian menghias akuarium dengan tema wisata, tapi mereka punya cara unik untuk menambah keindahan hasil karyanya”,”ujar Chinta.

Meski demikian, kata Chinta, peserta yang menghias dengan tema wisata Bondowoso akan mendapatkan nilai plus. Panitia hanya memfasilitasi aquarium dan air saja. Sementara untuk pernak-pernik lainnya dibawa sendiri oleh peserta

“Waktu yang diberikan kepada peserta untuk menghias Aquscape hanya 6 jam,”kataya. 

Iklan-spot

Chinta mengaku, kegiatan diselenggarakan ini untuk yang pertama kali dilakukan. Meski dalam pandemi Covid-19, kata dia, peserta wajib mematuhi protokol kesehatan. Bahkan, setiap peserta yang datang dari luar kota wajib menunjukkan surat rapid antigen.

“Ini kita lakukan sebagai upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Bondowoso, apalagi saat ini Bondowoso masuk zona orange,”ujar putri Andi Hermanto ini.

Chinta berharap, kegiatan seperti ini bisa menjadikan edukasi terhadap masyarakat luas dan bisa mendatangkan uang apabila ditekuni, dan merangsang UMKM untuk berkreasi.

“Ini sudah masuk di dalam ekonomi kreatif. Ini sekarang lagi ngetrend juga. Di Indonesia, bahkan di luar negari. Karena itu kita harapkan ini bisa jadi kegiatan agenda tahunan,”imbuhnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Andi Hermanto turut hadir, mengharapkan kegiatan baik ini bisa dilaksanakan bisa menjadi agenda bagi pemerintah, terutama dinas pariwisata.

Sebab, menurut Politisi PDI Perjuangan ini, kompetisi ini mengedepankan muatan lokal. Karena banyak potensi di masing-masing daerah dapat diterjemahkan lewat Aquscape ini 

Loading...

“kalau potensi ini dikembangkan maka akan memiliki daya jual tinggi, dan mendongkrak pelaku UMKM di masing-masing wilayah,”pungkasnya.

Berita Terkait

Kolom Komentar

IndonesiaPos