<

TNI AL Gelar Patkamla Pulau Ismoyo 11-5-38, Pastikan Petik Laut Tambakrejo Aman

BLITAR, IndonesiaPos

Komandan Patroli Keamanan Laut (Patkamla) Pulau Ismoyo II-5-38 bersama lima anggotanya menggelar patroli melakukan patroli.

Patkamla itu dilakukan untuk memastikan keamanan dan kondusif acara labuh laut yang digelar nelayan Desa Tambakrejo kecamatan Wonotirto kabupaten Blitar. Kamis (3/8/2023).

Komandan Patkamla Pulau Ismoyo II-5-38 Tambakrejo Blitar Pelda Arik Hermanto menegaskan, Patkamla ini dilakukan untuk membantu kegiatan labuh laut yang diselenggarakan oleh nelayan.

“TNI Angkatan Laut sangat mendukung, sehingga melakukan Patkamla untuk keamanan dilaut, supaya ketertiban dilaut berjalan dengan lancar dan sukses,”kata Arik.

Lebih lanjut Arik Hermanto, berharap jangan sampai ada benturan benturan dari nelayan. Ketertiban penumpang yang ikut nelayan juga ditertibkan.

“Dilautpun kita berusaha menjaga ketertiban agar supaya tidak kebut kebutan,”ujarnya.

Arik menjelaskan, program yang direncanakan dari nelayan kemarin itu didepan dan belakang ada petugas keamanan dari TNI AL. dan ketika ada kapal di belakangnya, diikuti  kapal nelayan yang ditengah membawa ambeng. Sedangkan yang lain mengikuti dari sisi kanan kiri hingga kurang lebih 1 mil.

“Setelah 1 mil nanti miniatur kapal kecil yang berisi sesaji dari nelayan ditenggelamkan ke laut untuk ratu Pantai Selatan,”paparnya.

Arik Hermanto mengutarakan, sedikitnya ada 80 kapal ini diharapkan kedepan bisa lebih tertib teratur memenuhi ketentuan yang ada.

Selain itu, ia menghimbau bagi surat-surat kapal yang masih belum diurusi untuk segara mengurus. Agar ada efek jera untuk nelayan, maka pihak Kamla akan menegakkan aturan yang dilaut untuk pembinaan bagi nelayan lokal yang ada di Tambakrejo ini. Maka semua kapal harus tertib administrasi sesuai program Dinas Perikanan.

“Jadi tidak ada kapal yang tidak ada surat. Bahkan, kemarin juga sudah disampaikan di IPP dari Syah Bandar Prigi kalau kapal tidak bersurat tidak boleh berlabuh di dermaga lain”ujarnya.

Diketahui, pihak Patkamla, selain melaksanakan kegiatan patroli, juga tidak lupa memberikan himbauan kepada warga masyarakat, agar selalu berhati hati dan waspada saat melaksanakan kegiatan labuh laut.(Lina/ema)

BERITA TERKINI