<

Anggota DPR RI Komisi IX dan BKKBN Sosialisasi Penurunan Stunting di Desa Kanigoro

BLITAR, IndonesiaPos

Anggota DPR RI Komisi IX dari Partai Nasdem Nurhadi bersama dengan mitra kerjanya BKKBN melakukan sosialisasi, advokasi, Koordinasi, Informasi, dan edukasi penurunan stunting, dibalai Desa Karangsono Kecamatan Kanigoro kabupaten Blitar, Selasa(17/10/2023)

“Diakhir tahun 2024, Pemerintah menargetkan angka stunting secara Nasional harus dibawah 14 persen, ini adalah upaya sinergitas yang yang dilakukan DPR bersama pemerintah untuk mencapai target tersebut, stunting merupakan kondisi pada anak yang ditandai dengan kurang tingginya badan anak apabila dibanding dengan anak seusianya,”kata Nurhadi.

Nurhadi, menyebutkan, stunting itu merupakan sebutan bagi gangguan pertumbuhan pada anak. Penyebab utama dari stunting adalah kurangnya asupan nutrisi selama masa pertumbuhan anak, Kemudian stunting dapat pula terjadi karena kurangnya perhatian asupan gizi pada sejak masih dalam kandungan hingga anak berusia 1.000 hari pertama.

“Maka dari itu, penting memastikan ibu mengonsumsi makanan yang bergizi selama hamil,”jelasnya.

Nurhadi menambahkan, kebutuhan asupan gizi anak harus terpenuhi sejak masih dalam kandungan. Asupan yang sangat penting meliputi ASI dan makanan pendamping. Pencegahan atau penurunan stunting merupakan tanggungjawab semua pihak, masyarakat, pemerintah dan pihak terkait lainnya.

“Upaya lain yang biasa dilakukan dokter menangani stunting adalah, mengobati penyakit yang mendasarinya, memberikan nutrisi tambahan berupa suplemen, vitamin A, zat besi, zinc, dan yodium serta menerapkan perilaku hidup bersih dan memperbaiki sanitasi dengan harapan para peserta sosialisasi menebarkan ilmu yang didapat kepada masyarakat di lingkungan masing- masing,”imbuhnya. (Ema)

 

 

BERITA TERKINI