<
10/08/2022
Beranda Hukum

Lapas Pamekasa Ikuti Upacara Harkitnas ke 114 Secara Virtul

PAMEKASAN, IndonesiaPos Lapas kelas IIA Pemekasan ikut memperingati Hari Kebangkitan Nasional  (harkitnas) ke 114 tahun 2022, di Aula Lantai satu Gedung Utama Lapas secara virtual. Jum’at, (20/5/2022).

Peringatan Harkitas tersebut mengambil tema “Ayo Bangkit Bersama!”, yang diangkat dalam rangka seruan bangsa Indonesia setelah berjuang menghadapi pandemi Covid-19, selama dua tahun lebih.

Menteri Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia, Johnny G. Plate menyampaikan, Harkitnas yang mengusung tema “Ayo Bangkit Bersama” sebagai seruan agar dari Pandemi Covid–19.

“Hari ini tanggal 20 Mei 2022 tepatnya 114 tahun, saat Presiden Soekarno menetapkan perkumpulan Boedi Oetomo sebagai Hari Bangkitnya Nasionalisme Indonesia. Karena saat itu, terdapat ancaman perpecahan antar golongan dan ideologi ditengah perjuangan Indonesia mempertahankan Kemerdekaan dari Belanda yang ingin kembali berkuasa. Sehingga, semangat persatuan oleh Boedi Oetomo diharapkan menjadi spirit dalam menghimpun kekuatan dan mencegah perpecahan bangsa,” ujarnya.

Semangat Boedi Oetomo, kata dia, masih relevan sebagai konteks tualisasikan pada kehidupan berbangsa, ditengah krisis pandemi Covid-19 dan konflik Ukraina – Rusia yang menyebabkan kondisi ekonomi global dan geopolitik menjadi tidak stabil, dan kita patut memaknai Kebangkitan Nasional sebagai upaya kolektif bangsa untuk memperkuat persatuan bangsa,”tambahnya

Jhoni menjelaskan, penanganan Covid-19 di tingkat Nasional, kian menunjukkan hasil yang positif, ditunjukkan dengan kasus baru harian di bawah 400 kasus dan total kasus aktif yang sudah berada di bawah angka 5.000 kasus (Data per 13 Mei 2022).

“Capaian vaksinasi Covid-19 dosis kedua juga sudah mencapai 79 persen. Namun demikian, saya mengharapkan agar kita untuk tetap waspada dan terus meningkatkan disiplin protokol kesehatan,”ungkapnya.

Sementara itu, Kalapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan, Yan Rusmanto menyampaikan bahwa Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan, mengikuti upacara Harkitnas secara Virtual karena Kabupaten Pamekasan masih termasuk Zona PPKM level 3.

“Saya berharap, momentum Harkitnas sebagai tonggak kebangkitan dari Pandemi Covid-19 juga krisis multidimensi yang sedang melanda dunia. Dari Indonesia, Dunia Pulih Bersama. Ayo Bangkit Lebih Kuat,”pungkasnya. ( hen )

iklan ucapan

BERITA POPULER

Kolom Komentar

IndonesiaPos
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com