<
18/10/2021
Advertorial Daerah & Peristiwa Sosial Ekonomi & Kesehatan

Peringati Haul Bung Karno ke-51, Relawan Rumah Degiri Gelar Doa Bersama

BANYUWANGI, IndonesiaPos

Relawan Rumah Demokrasi, Gagasan, dan Inspiras (Degiri), salah satu Rumah Aspirasi Sonny T. Danaparamita, Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI Dapil Jatim III, menggelar doa bersama dalam rangka memperingati Haul Bung Karno ke-51.

Kegiatan ini menjadi agenda tahunan bagi relawan rumah Degiri, sebagai upaya untuk menjaga semangat nasionalisme dan rasa cinta tanah air.

Rangkaian kegiatan doa, diawali dengan pembacaan Surah Yasin dan Tahlil, seluruh relawan mengikuti acara virtual meeting Haul 51 tahun Bung Karno yang diselenggarakan oleh DPP PDI Perjuangan, yang disiarkan live dari Masjid At Taufiq Jakarta.

Koordinator Degiri, Syaiful mengatakan, acara ini sebagai salah satu wujud solidaritas dan kebersamaan diantara barisan nasionalis pancasialis di Kabupaten Banyuwangi ini, yakni dengan mengundang Relawan Satu Tumpah Darah, dari Kecamatan Genteng dan Cluring, Perwakilan Organisasi Jaringan Kemandirian Nasional (JAMAN), dan Perwakilan Pemuda Karang Taruna di Banyuwangi.

Iklan-spot

“Meski Sang Proklamator sudah 51 tahun yang lalu, namun Bung Karno tetap mengisi ruang istimewa dalam hati dan pemikiran bangsa Indonesia. Kharisma Bung Karno begitu kuat tertancap,”kata Syaiful.

Selain itu, Bung Karno meninggalkan banyak warisan luar biasa bagi bangsa Indonesia, diantaranya yakni Marhaenisme (1927), Pidato Pancasila 1 Juni 1945, Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, UUD 1945, Buku Sarinah (1947), Pidato Kenegaraan tahun 1957–1966 (khususnya tentang Nation and Character Building), Djangan Sekali-kali Meninggalkan Sedjarah (1966), dan banyak legacy lainnya yang tidak hanya diakui oleh bangsa Indonesia, namun juga diakui dunia internasional.

“Sebagai magnet pemersatu bangsa, Pancasila adalah bukti semangat kokohnya Bhinneka Tunggal Ika. Bahwa ditengah krisis dan tantangan yang sedang terjadi saat ini, kita bergotong-royong bersama untuk dapat bertahan dan bangkit dalam situasi pandemi covid-19. Seluruh pihak, baik pemerintah maupun swasta diharapkan dapat bersinergi untuk mempercepat pemulihan ekonomi masyarakat, demi tercapainya tujuan pembangunan nasional,”tegasnya.

Meski tak dapat hadir secara langsung di Rumah Aspirasinya, Sonny T. Danaparamita, menyampaikan apresiasinya kepada seluruh relawan dan generasi muda yang tetap menggelorakan Pancasila dan semangat nasionalisme, meski dalam bingkai kegiatan yang sederhana ini.

“Terima kasih kepada seluruh relawan yang hadir. Mari kita warisi spirit perjuangan Bung Karno dan terus menginternalisasi nilai-nilai luhur Pancasila didalam upaya mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia, yakni tercapainya kesejahteraan rakyat Indonesia,”ujar Sonny.

Berita Terkait

Kolom Komentar

IndonesiaPos