<

Wapres Bertemu PM Tiongkok Bahas Kerjasama Sektor Halal

JAKARTA, IndonesiaPos

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mendorong untuk penguatan kerja sama sektor halal dengan Tiongkok.

Kerja sama dapat melalui otoritas halal Indonesia dan Tiongkok. Sehingga, pihaknya mendapat dukungan dari pemerintah Tiongkok.

“Saya berharap dapat memperoleh dukungan penuh dari Yang Mulia dan Pemerintah RRT. Perdagangan dan investasi produk halal memiliki potensi amat luas di kedua negara kita, serta kawasan Asia Selatan, Timur Tengah, dan Afrika,” kata Wapres saat melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (PM) Tiongkok, Li Qiang, Sabtu (16/09/2023).

Pertemuan para pemimpin Negara itu

dilakukan di Grand Meeting Hall, International Conference Center (ICC), Li Yuan Resort, Nanning, Daerah Otonomi Guangxi, Tiongkok.

Pada pertemuan itu, Wapres juga menekankan poin penting lainnya, yakni kerja sama people-to-people dalam memperkuat kemitraan ekonomi. Kerja sama erat antar masyarakat, dengan manfaat yang dapat dirasakan langsung oleh rakyat kedua negara.

“Kita perlu mendorong pengembangan pusat budaya dan bahasa. Karena untuk meningkatkan jumlah mahasiswa Tiongkok yang belajar bahasa Indonesia, maupun sebaliknya,”kata Wapres.

Wapres menambahkan, kerja sama pendidikan vokasi juga akan menjadi link and match dengan dunia usaha dan industri, serta investasi Tiongkok di Indonesia.

“Semua ini akan membawa hubungan Indonesia-Tiongkok ke tingkat yang lebih tinggi,”tambahnya.

Wapres mengucapkan terima kasih atas sambutan hangat pemerintah Tiongkok selama kunjungannya di wilayah Tiongkok.

“Kunjungan kali ini adalah kunjungan pertama saya ke Tiongkok setelah pandemi Covid-19. Saya berharap kunjungan ini akan memberikan kontribusi positif bagi kemitraan kedua negara kita dan antara ASEAN dengan Republik Rakyat Tiongkok (RRT),”imbuh Wapres.

BERITA TERKINI

IndonesiaPos