JEMBER – IndonesiaPoS
Bertepatan dengan hari pelanggan Nasional kamis (4/9/2025) Perumdam Tirta Pendalungan Jember melaunching program baru bertema TPJ Inside. Program berbasis aplikasi android ini disetting untuk mempermudah pelayanan kepada para konsumen TPJ Jember dalam mengakses informasi berkaitan dengan perusahaan air minum milik daerah kabupaten Jember tersebut.
Direktur Umum Perumdam Tirta Pendalungan Jember, Yudho R kepada sejumlah media mengungkapkan, ditengah perkembangan tekhnologi ITE yang kian maju, perusahaan air minum milik Pemkab Jember berupaya untuk memberikan pelayanan semaksimal mungkin dengan melaunching program PTJ inside berbasis android.
” Program ini merupakan hasil pengembangan tim ITE di Perumdam Tirta Pendalungan. Tujuannya untuk memberikan kemudahan akses kepada para konsumen dalam mendapatkan informasi dari Perumdam Tirta Pendalungan,” jelasnya.
Dalam aplikasi berintegrasi TPJ inside ini menurut Yudho memuat beberapa fitur yang memberikan kemudahan kepada para pelanggan sehingga Perumdam Tirta Pendalungan dekat kepada pelanggan .
“Dalam fitur ini kedepannya akan kita kembangkan beberapa tahap hingga terintegrasinya pembayaran yang akan memudahkan,”tuturnya.
Fitur lainnya yang termuat dalam informasi TPJ Inside diantaranya program diskon pasang baru, dari yang semula Rp.1,5 juta menjadi Rp.1 juta rupiah. “Dengan adanya aplikasi ini masyarakat bisa melakukan pemasangan baru tanpa harus secara konvensional mendatangi Kantor Perumdam Tirta Pendalungan,”katanya.
Masyarakat bisa mengakses pendaftaran pasang baru melalui fitur aplikasi TPJ inside yang disertakan juga dengan beberapa persyaratan pendaftaran melalui HP. Fitur lainnya adalah balik nama pelanggan.
” Dibeberapa persoalan yang kita hadapi adalah nama pelanggan Perum Tirta Pendalungan tidak sesuai dengan pengguna yang baru sehingga perlu dirubah namanya sesuai dengan pengguna yang baru. Dengan fitur balik nama, pelanggan bisa merubahnya lewat aplikasi tersebut,” tambahnya.
Hal lain dalam fitur ini juga menyajikan aplikasi konsultasi pelanggan dimana para pelanggan bisa melakukan komunikasi dengan pihak Perumdam Tirta Pendalungan melalui daring. Mekanismenya harus daftar terlebih dahulu untuk kemudian dilakukan notifikasi komunikasi secara daring.
Yang terakhir menurut Yudho, fitur TPJ inside juga memberikan informasi kepada para pelanggan jika sewaktu-waktu ada perbaikan sumber mata air yang berdampak pada kenyamanan pelanggan. ” Dengan adanya fitur ini para pelanggan terutama yang terdampak dengan adanya perbaikan sumber mata air Perumdam Tirta Pendalungan, bisa diinformasikan lewat aplikasi ini, sehingga pelanggan bisa mengantisipasinya dengan menyiapkan kebutuhan air sebelum ada informasi perbaikan,”pungkasnya.
Pelanggan Perumdam Tirta Pendalungan sendiri hingga berita ini diunggah sudah mencapai 57 ribu pelanggan yang sebagian besar di area perkotaan. Hal ini diprediksi bisa meningkat dengan adanya kemudahan akses dalam pelayanan melalui program TPJ inside. Sehingga para pelanggan bisa menikmati layanan tersebut tanpa harus bersusah payah mendatangi kantor Perumdam Tirta Pendalungan di jalan Trunojoyo Jember (kik)


